Apa itu VPN

By | Maret 18, 2019
Apa itu VPN

Pada artikel kali ini Mantapu.com akan memberikan informasi mengenai Apa itu VPN (Virtual Private Network)?, serta Pengertian VPN menurut para ahli dan juga Fungsi dari VPN beserta Contoh VPN.

Siapa yang tidak menyukai Internet? Setiap orang telah tumbuh sangat bergantung pada World Wide Web yang telah menjadi kebutuhan mendasar bagi hampir semua orang di planet ini. Namun, Internet telah menjadi tempat yang berbahaya bagi banyak pengguna. Karena alasan ini, banyak yang menjadi waspada terhadap ancaman yang ditimbulkan oleh individu yang tidak bermoral pada informasi pribadi dan keuangan.

Pada artikel ini, kami akan berusaha menjawab pertanyaan, apa itu VPN? Kami akan membahas informasi yang relevan tentang platform ini dan memberikan panduan tentang cara memilih yang tepat.

Jika jaman dulu VPN diperuntukan agar menghubungkan sebuah jaringan antara gedung 1 dan gedung lainnya agar koneksi lebih aman. Namun, VPN Jaman now telah beralih fungsi karena banyaknya penggunaan internet di seluruh belahan dunia.

Secara garis besar VPN bertujuan untuk mengamankan suatu koneksi jaringan agar lebih private dan tidak diketahui dari mana sumber koneksi tersebut.

Apa itu VPN serta Pengertian

Pengertian VPN

VPN (Virtual Private Network) adalah sebuah layanan pengaman koneksi internet yang dimana bertujuan untuk memberikan si penggunanya keamanan ketika mengunjungi sebuah website. Dengan begitu ketika si pengguna VPN mengunjungi suatu websute maka koneksi jaringan otomatis aman (secure) dan pribadi (private)

Maka dapat jika simpulkan VPN adalah alat yang memungkinkan pengguna untuk membuat koneksi terenkripsi yang aman melalui Internet. Platform ini dikembangkan untuk memungkinkan akses yang aman ke aplikasi, Website dan sumber daya lainnya.

Jadi buat kamu yang ingin tau bagaimana sih menggunakan VPN? kamu bisa membaca artikel Cara Menggunakan VPN Di PC.

Pengertian VPN Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah Pengertian VPN menurut pada ahli dan dari berbagai sumber – sumber terpercaya dari interet.

1. Menurut Website Thebestvpn

VPN (Virtual Private Network) adalah layanan yang memungkinkan Anda mengakses web dengan aman dan pribadi dengan me-rooting koneksi Anda melalui server dan menyembunyikan tindakan online Anda.

2. Menurut Website Whatismyip

Virtual Private Network adalah metode koneksi yang digunakan untuk menambah keamanan dan privasi ke jaringan pribadi dan publik, seperti WiFi Hotspot dan Internet. Virtual Private Networks paling sering digunakan oleh perusahaan untuk melindungi data sensitif.

3. Menurut Website Expressvpn

VPN, atau jaringan pribadi virtual, adalah terowongan aman antara dua perangkat atau lebih. VPN digunakan untuk melindungi lalu lintas web pribadi dari pengintaian, interferensi, dan sensor.

4. Menurut Wikipedia

Virtual private network (VPN) memperluas jaringan pribadi di jaringan publik, dan memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima data di jaringan bersama atau publik seolah-olah perangkat komputasi mereka terhubung langsung ke jaringan pribadi.

Aplikasi yang berjalan melintasi VPN dapat mengambil manfaat dari fungsionalitas, keamanan, dan manajemen jaringan pribadi. Namun, bertentangan dengan kesalahan umum, enkripsi bukan merupakan bagian yang melekat pada koneksi VPN, tetapi opsional meskipun agak umum.

5. Menurut Website Howtogeek

VPN, atau Virtual Private Network, memungkinkan Anda membuat koneksi aman ke jaringan lain melalui Internet. VPN dapat digunakan untuk mengakses situs web terbatas wilayah, melindungi aktivitas penelusuran Anda dari mengintip Wi-Fi publik, dan banyak lagi.

Funsi VPN

Ada banyak sekali Fungsi VPN, Berikut ini adalah Fungsi dari VPN yang telah di rangkum oleh Mantapu.com:

  • Merahasiakan IP pengguna VPN.
  • Mengamankan koneksi pengguna VPN.
  • Membuka situs yang diblokir.
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Manfaat VPN

VPN memiliki banyak Manfaat untuk digunakan dalam hal privasi dan keamanan berinternet . Berikut ini adalah beberapa manfaat VPN yang paling umum:

  • Menggunakan VPN membuat koneksi pengguna tidak dapat ditautkan ke komputer mereka. Kamu dapat dengan bebas mengunjungi situs apa pun atau menelusuri web tanpa ISP (Internet Service Provider) kamu diketahui.
  • VPN tidak dapat diretas dan semua aktivitas pengguna dienkripsi dan tidak dapat dibaca saat transit. Ini membuat koneksi VPN sangat aman.
  • Karena VPN dapat menyensor, agensi tidak dapat mencegah pengguna mengakses situs web di mana pun di dunia.
  • Alamat IP pengguna disembunyikan saat menggunakan VPN, membuatnya tidak dapat diidentifikasi. Ini karena fakta bahwa alamat IP yang mereka gunakan terus diganti. Seakan akan pengguna VPN berada di negara lain.
  • Tidak ada perubahan pada jaringan kamu, kamu dapat menggunakan internet saat menggunakan VPN. Karenanya, kamu dapat menjelajahi internet secara normal.

Kelebihan VPN

  • Ketika kamu tidak mendapatkan akses untuk masuk ke suatu situs maka VPN bisa menjadi solusi.
  • VPN yang sekarang mampu memberikan Speed download yang maksimal.
  • Dengan menggunakan VPN IP yang kamu gunakan saat itu akan aman, ketika kamu mengunjungi suatu website.

Kekurangan VPN

  • Ada VPN gratis, nah itu yang biasanya berbahaya. Karena VPN gratis dapat dengan mudah digunakan oleh pengguna dari berbagai belahan dunia. Oleh karena itu keamanan VPN gratis patut di pertanyakan.

Contoh VPN

Dibawah ini merupakan contoh VPN yang bisa kamu gunakan untuk mengamankan koneksi internet kamu ketika kamu mengunjungi suatu website.

1. NordVPN

Contoh VPN - NordVPN

Download NordVPN > Untuk Android Disini | Untuk Komputer Disini.

Salah satu solusi VPN paling populer di seluruh dunia, NordVPN menawarkan lebih dari 550 server di 49 negara yang berbeda. Server ini membantu pengguna dalam berbagai kebutuhan, seperti enkripsi data yang masuk dan keluar, mengarahkan lalu lintas data ke jaringan Tor untuk memberikan anonimitas pengguna dan perlindungan terhadap serangan DoS.

Fitur penting lainnya adalah keamanan, NordVPN memiliki fitur kill switch yang secara konstan memonitor lalu lintas antara perangkat dan server. Jika lalu lintas data terganggu, sistem akan memutuskan koneksi secara otomatis, ini mencegah kebocoran data yang mungkin terjadi. Sebaliknya, fitur pencegahan kebocoran DNS mengubah DNS Anda sehingga menunjuk ke server VPN, mencegah pencurian data dari DNS Anda yang sebenarnya.

2. ZenMate

Contoh VPN - ZenMate

Download ZenMate > Untuk Android Disini | Untuk Komputer Disini.

ZenMate adalah alat VPN yang mudah digunakan yang berspesialisasi dalam melindungi privasi Anda secara online dan mengatasi batasan geografis. Ini menggunakan enkripsi untuk melindungi data dan kata sandi Anda saat menggunakan jaringan Wi-Fi publik. Anda juga dapat menggunakannya untuk menonton dan mengunduh film dan acara tv yang dibatasi di negara Anda dengan lancar dengan jeda minimum.

Alat VPN ini memiliki server di lebih dari 30 negara di seluruh dunia. Selain itu, mendukung berbagai perangkat sehingga Anda dapat mengunduh dan mengaktifkan aplikasi di laptop Anda (Mac dan Windows), ponsel (iOS dan Android), dan browser web (Chrome, Firefox, dan Opera).

3. ExpressVPN

Contoh VPN - ExpressVPN

Download ExpressVPN > Untuk Android Disini | Untuk Komputer Disini.

ExpressVPN yang ringan, mudah digunakan, dan kuat, ExpressVPN menawarkan enkripsi 256-bit kepada pengguna dan OpenVPN standar. Solusi ini memiliki segudang fungsi bagi mereka yang menginginkan layanan VPN yang andal. Selain dari metode pembayaran tradisional, layanan ini menerima bitcoin.

Anonimitas terjamin karena ExpressVPN tidak mencatat data pengguna, menjadikannya ideal bagi mereka yang menikmati torrent, tetapi layanan ini memiliki kebijakan untuk tidak mengunduh materi yang dilindungi hak cipta.

4. Masih banyak lagi…

Sebenarnya masih sangat banya Contoh VPN yang bisa kamu gunakan baik itu berbayar maupun gratis.

Oke, demikianlah artikel kali ini mengenai Apa itu VPN, Pengertian VPN menurut para ahli, Fungsi VPN, manfaat VPN, kekurangan dan kelebihan VPN serta contoh VPN. Terimakasih sudah membaca dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Jangan lupa Share ya ^_^

Tinggalkan Balasan